February 4, 2022, 8:48 am

Paru-paru Sesak? Kenali Ciri-ciri Asam Lambung Naik ke Paru-paru

Ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru adalah salah satu dari berbagai ciri-ciri dari serangan penyakit asam lambung. Sejatinya, asam lambung tidak langsung naik ke paru-paru, tetapi melalui saluran kerongkongan dan pernafasan, kemudian turun ke paru-paru. Orang yang memiliki riwayat penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) akan lebih rentan mengalami asam lambung yang naik ke paru-paru ditandai dengan gejala rasa panas di dada dan akan terasa sesak nafas.

Ciri-ciri Asam Lambung Naik ke Paru-paru


Jika kamu memiliki riwayat penyakit asam lambung, untuk mengetahui apakah asam lambung itu tersebut telah naik ke paru-paru, berikut ciri-cirinya.

1. Dada Merasakan Sensasi Terbakar

Ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru yang pertama dan sering ditemukan adalah merasakan sensasi terbakar pada dada dan ada terasa seperti tusukan-tusukan pada paru-paru. Biasanya kondisi ini muncul pada saat berbaring, membungkuk, atau setelah makan. Hal ini biasa dinamakan dengan heartburn.

2. Kesulitan Menelan

Disfagia atau kesulitan menelan merupakan ciri-ciri selanjutnya. Hal ini disebabkan jaringan di sepanjang esofagus (dinding kerongkongan) iritasi akibat asam lambung yang naik, dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menelan makanan.

3. Regurgitasi

Regurtasi merupakan suatu kondisi saat makanan yang sudah berada di dalam lambung naik melalui ke kerongkongan dan kembali ke mulut. Ciri ciri asam lambung naik ke paru paru ini disertai dengan rasa asam pada bagian belakang mulut.

4. Bau Mulut

Bau mulut akan terjadi apabila kamu telah mengalami regurgitasi yang telah dijelaskan di atas. Hal ini disebabkan adanya rasa asam yang tertinggal, sehingga akan menjadikan mulut kamu bau.

5. Batuk Kronis

Batuk kronis merupakan hasil dari picuan rasa dada sesak dan asam lambung yang naik ke paru-paru. Sejatinya, batuk adalah suatu respon otomatis oleh tubuh yang disebabkan adanya sesuau yang masuk ke jalur pernafasan. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan sakit tenggorokan.

Mengatasi Asam Lambung


Banyak cara dalam penanganan asam lambung. Selain menjaga pola makan yang teratur, mengonsumsi multivitasi herbal salah satu cara. Multivitamin herbal dipercaya dapat mengatasi asam lambung, yaitu Mucosafit dari NaturIndo. Mucosafit merupakan herbal alami seperti rimpang kunir, rimpang temulawak, tepung pati garut, rimpang kencur, dan daun pegagan yang diformulasi khusus untuk penyembuhan gangguan pencernaan dan mengatasi asam lambung. Mucosafit dapat kamu temukan di laman website naturindo.id.
Blog Post Lainnya
Paru-paru Terasa Kotor? Ini Rekomendasi Minuman untuk Membersihkan Paru paruMinuman untuk membersihkan paru paru saat ini memang banyak dicari. Pasalnya, dengan semakin tingginya tingkat polusi udara akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Hal tersebut disebabkan
Wajib Tahu! Ini 3 Sayuran yang Bagus untuk Dikonsumsi Ibu HamilMasa kehamilan menjadi waktu yang rentan. Terutama saat kehamilan pertama. Untuk itu, perlu perhatian lebih dari calon orang tua untuk menjaga kondisi janin dan ibu agar tetap sehat. Asupan makanan
Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Dikonsumsi Ibu Hamil MudaIbu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat untuk tumbuh kembang janin. Sumber nutrisi yang diperlukan bisa didapatkan dari sayuran, kacang-kacangan, daging, ikan, dan
Social Media
Contacts
081-6428-5555
Metode Pengiriman Prioritas
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2022 Naturindo Indonesia Inc.